SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN LEGAL ETIS
Sistem perawatan kesehatan berubah
dengan cepat. Perawat jaman sekarang berhadapan dengan perawatan klien yang
mengharapkan asuhan keperawatan yang berkualitas dan mengharapkan perawatan
profesional sebagai penyedia perawatan kesehatan terdidik dengan baik.
Pelayanan keperawatan mempunyai
peranan penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan secara
keseluruhan. Salah satu faktor yang mendukung keyakinan diatas adalah kenyataan
yang dapat dilihat di unit pelayanan kesehatan seperti di rumah sakit, di mana
tenaga yang selama 24 jam harus berada di sisi pasien adalah tenaga perawatan.
Namun sangat disayangkan bahwa pelayanan keperawatan pada saat ini masih jauh
dari apa yang diharapkan. Keadaan ini bukan saja disebabkan oleh terbatasnya
jumlah tenaga keperawatan yang kita miliki, tetapi terutama dikarenakan oleh
terbatasnya kemampuan profesional yang dimiliki oleh sebagian besar jenis
tenaga ini.
Proses keperawatan merupakan suatu
jawaban untuk pemecahan masalah dalam keperawatan, karena proses keperawatan
merupakan metode ilmiah yang digunakan secara sistematis dan menggunakan konsep
dan prinsip ilmiah yang digunakan secara sistematis dalam mencapai diagnosa
masalah kesehatan pasien, merumuskan tujuan yang ingin dicapai, menentukan
tindakan dan mengevaluasi mutu serta hasil asuhan keperawata.
Pendekatan sistem dapat
didefinisikan untuk memandang sesuatu sebagai suatu sistem yang terdiri dari
unsur-unsur, komponen-komponen, elemen-elemen atau unit-unit yang saling
berhubungan, saling berinteraksi, saling tergantung dalam mencapai tujuan.
Pendekatan sistem meliputi cara berpikir tentang fenomena secara keseluruhan,
metode atau teknik dalam memecahkan masalah atau pengambilan keputusan
(kesadaran adanya masalah karena berbagai faktor).
Definisi perawat advokat proses
dimana perawat secara objektif memberikan klien informasi yang dibutuhkan untuk
membuat keputusan dan mendukung klien apapun keputusan yang buat.
Perawat sebagai advokat yaitu
sebagai penghubung antara klien-tim kesehatan lain dalam rangka pemenuhan
kebutuhan klien. Membela kepentingan klien dan membantu klien,memahami semua
informasi dan upaya kesehatan yang diberikan tim kesehatan dengan pendeketan
tradisional maupun profesional.
Definisi perawat advokat menurut
beberapa ahli:
- Arti advokasi menurut ANA adalah melindungi klien atau masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan keselamatan praktik tidak sah yang tidak kompeten dan melanggar etika yang dilakukan oleh siapa pun.
- FRY mendefinisikan advokasi sebagai dukungan aktif terhadap setiaap hal yang memiliki penyebab atau dampak penting.
- GADOW menyatakan bahwa advokasi merupakan dasar falsafah dan ideal keperawatan yang melibatkan bantuan perawat secara aktif kepada individu secara bebas menentukan nasibnya sendiri.
Tanggung jawab perawat secara umum
mempunyai tanggung jawab dalam memberikan asuhan keperawatan,meningkatkan ilmu
pengetahuan dan meningkatkan diri sebagai profesi.
Tanggung jawab perawat secara khusus
adalah memberikan asuhan keperawatan kepada klien mencakup aspek
bio-psiko-sosio-kultural- spiritual yang komprehensif dalam upaya pemenuhan
kebutuhan dasarnya.
Peran perawat sebagai advokasi
Sebagai advokat klien, perawat
berfungsi sebagai penghubung antara klien dengan tim kesehatan lain dalam upaya
pemenuhan kebutuhan klien, membela kepentingan klien dan membantu klien
memahami semua informasi dan upaya kesehatan yang diberikan oleh tim kesehatan
dengan pendekatan tradisional maupun professional. Peran advokasi sekaligus
mengharuskan perawat bertindak sebagai nara sumber dan fasilitator dalam tahap
pengambilan keputusan terhadap upaya kesehatan yang harus dijalani oleh klien.
Dalam menjalankan peran sebagai advocat (pembela klien) perawat harus dapat
melindungi dan memfasilitasi keluarga dan masyarakat dalam pelayanan
keperawatan.
Selain itu, perawat juga harus dapat
mempertahankan dan melindungi hak-hak klien, hak-hak klien tersebut antara
lain: hak atas informasi; pasien berhak memperoleh informasi mengenai tata
tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit/sarana pelayanan kesehatan
tempat klien menjalani perawatan. Hak mendapat informasi yang meliputi hal-hal
berikut:
- penyakit yang dideritanya;
- tindakan medik apa yang hendak dilakukan;
- kemungkinan penyulit sebagai akibat tindakan tersebut dan tindakan untuk mengatasinya;
- alternatif terapi lain beserta resikonya;
- prognosis penyakitnya;
- perkiraan biaya pengobatan/rincian biaya atas penyakit yang dideritanya;
- hak atas pelayanan yang manusiawi, adil, dan jujur;
- hak untuk memperoleh pelayanan keperawatan dan asuhan yang bermutu sesuai dengan standar profesi keperawatan tanpa diskriminasi;
- hak menyetujui/ memberi izin persetujuan atas tindakan yang akan dilakukan oleh perawat/ tindakan medik sehubungan dengan penyakit yang dideritanya (informed consent);
- hak menolak tindakan yang hendak dilakukan terhadap dirinya dan mengakhiri pengobatan serta perawatan atas tanggung jawab sesudah memperoleh informasi yang jelas tentang penyakitnya;
- hak didampingi keluarganya dalam keadaan kritis;
- hak menjalankan ibadah sesuai agama/ kepercayaan yang mengganggu pasien lain;
- hak atas keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit;
- hak mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan rumah sakit terhadap dirinya;
- hak menerima atau menolak bimbingan moral maupun spiritual;
- hak didampingi perawat keluarga pada saat diperiksa dokter;
- hak untuk memilih dokter, perawat atau rumah sakit dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di rumah sakit atau sarana pelayanan kesehatan;
- hak atas rahasia medic atau hak atas privacy dan kerahasian penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya;
- hak meminta konsultasi kepada dokter lain yang terdaftar di rumah sakit tersebut (second opion), terhadap penyakit yang dideritanya dengan sepengetahuan dokter yang menangani;
B. Pengambilan Keputusan Legal Etis
Membuat keputusan bukanlah hal yang
mudah, tetapi merupakan suatu tantangan bagi seorang manajer. Dalam era global
dan serba cepat ini, langkah untuk mengambil keputusan harus cepat dan tepat
pula.
Definisi pengambilan keputusan
1. Suatu tindakan pemilihan, dimana pimpinan menetukan suatu
kesimpulan tentang apa yang harus dilakukan/ tidak dilakukan dalam suatu
situasi tertentu.
2. Merupakan pendekatan yang sistematis terhadap suatu masalah
yang dihadapi.
3. Penyelesaian masalah,yaitu menghilangkan adanya
ketidakseimbangan antara yang seharusnya dengan yang terjadi.
Pengambilan keputusan adalah tugas
terpenting dari semua tugas yang membentuk fungsi kepemimpinan manajerial. Sebelum
mengambil suatu keputusan, diperlukan informasi-informasi pendukung, misalnya
informasi mengenai:
- laporan anggaran
- laporan sensus pasien
- catatan medis
- catatan personil pegawai
- laporan jumlah waktu sakit pegawai, dan
- waktu libur
pengambilan keputusan adalah proses
kognitif yang tidak tergesa-gesa. Suatu rangkaian tahapan yang dianalisis,
diperlukan, dan dipadukan, hingga dihasilkanlah ketepatan serta ketelitian
dalam menyelesaikan masalah.
Berdasarkan kebutuhan, jenis keputusan yang dipakai adalah:
- Keputusan strategis, keputusan yang dibuat oleh eksekutif tertinggi.
- Keputusan administratif, yaitu keputusan yang dibuat manajer tingkat menengah dalam menyelesaikan masalah yang tidak biasa dan mengembangkan teknik inovatif untuk perbaikan jalannya kelembagaan.
- Keputusan operasional, yaitu keputusan rutin yang mengatur peristiwa harian yang dibuat sesuai dengan aturan kelembagaan, dan peraturan-peraturan lainnya.
Berdasarkan situasi yang mendorong dihasilkannya suatu keputusan ,
keputusan manajemen dibagi menjadi dua macam:
- Keputusan terprogram, yaitu keputusan yang diperlukan dalam situasi menghadapi masalah. Masalah yang biasa dan yang terstruktur memunculkan kebijakan dan keseimbangan dan peraturan untuk membimbing pemecahan peristiwa yang sama. Misalnya keputusan tentang cuti hamil.
- Keputusan yang tidak terprogram, yaitu keputusan kreatif yang tidak terstruktur dan bersifat baru, yang dibuat untuk menangani situasi tertentu. Misalnya keputusan yang berkaitan dengan pasien.
Berdasarkan proses pembuatan
keputusan, keputusan manajemen juga dapat
dibedakan menjadi dua model:
- Keputusan model normatif atau model ideal memerlukan proses sistematis dalam pemilihan satu alternative dan beberapa alternatif; perlu waktu yang cukup untuk mengenal dan menyukai pilihan yang ada.
- Keputusan model deskriptif (pendekatan, lebih pragmatis) berdasarkan pada pengamatan dalam membuat keputusan yang memuaskan ataupun yang terbaik.
Aspek kelompok dalam pengambilan
keputusan
Ada perbedaan antara keputusan
bersama kelompok dan keputusan kelompok. Dalam pengambilan keputusan
bersama kelompok, kelompok sepenuhnya berpartisipasi dalam mengambil keputusan,
kecuali dalam menetapkan keputusan akhir. Sedangkan dalam pengambilan keputusan
kelompok, kelompok sepenuhnya ikut menentukan dalam pengambilan keputusan
akhir.
Tipe Pengambilan Keputusan
- Pengambilan keputusan yang kurang tanggapan (metode yang kurang diperhatikan)
- Pengambilan keputusan dengan cara otomatis
- Pengambilan keputusan minoritas (yang lebih pandai yang unggul)
- Pengambilan keputusan mayoritas (melalui pemungutan suara)
- Pengambilan keputusan dengan consensus
- Pengambilan keputusan dengan suara bulat
C. Metode
Pemecahan Masalah
Masalah adalah perbedaan antara
keadaan nyata sekarang dengan keadaan yang dikehendaki. Dalam manajemen
diperlukan proses pemecahan masalah secara sistematis. Hal ini perlu untuk
mengatasi kesulitan pada waktu membuat keputusan, misalnya menghadapi situasi
yang tidak diduga (pada keputusan yang tidak terprogram atau tidak rutin).
Elemen-elemen dari proses pemecahan
masalah:
- Masalah
- Desired state (keadaan yang diharapkan)
- Current state (keadaan saat ini)
- Pemecah masalah/manajer
- Adanya solusi alternatif dalam memecahkan masalah
- Solusi.
Hal lain yang harus diketahui dalam
pemecahan masalah adalah, harus mengetahui perbedaan antara masalah dengan
gejala. Pertama, gejala dihasilkan oleh masalah. Kedua, masalah menyebabkan
gejala. Ketiga, ketika masalah dikoreksi maka gejala akan berhenti, bukan
sebaliknya.
Masalah mempunyai beberapa struktur
- Masalah Terstruktur. Adalah masalah yang terdiri dari elemen-elemen dan hubungan antar elemen yang semuanya dipengaruhi oleh pemecah masalah. Pemecah masalah tersebut adalah komputer. Karena komputer dapat memecahkan masalah tanpa perlu melibatkan manajer.
- Masalah Tidak Terstruktur. Adalah masalah yang berisi elemen-elemen atau hubungan antar elemen yang tidak dipahami oleh pemecah masalah. Pemecahan masalah dilakukan oleh manajer. Karena manajer harus melakukan sebagian besar tugas memecahkan masalah.
- Masalah Semi Terstruktur. Adalah masalah yang berisi sebagian elemen atau hubungan yang dimengerti oleh pemecah masalah. Pemecahan masalah dilakukan oleh manajer dan komputer, yang harus bisa bekerja sama memecahkan masalah.
Proses pemacahan masalah menurut
John Dewey, Profesor di Colombia University pada tahun 1970, mengidentifikasi
seri penilaian pemecahan masalah:
- Mengenali kontroversi (masalah)
- Menimbang klaim alternatif.
- Membentuk penilaian (solusi).
Secara umum, pemecahan masalah
dalam manajemen menggunakan tahap pemecahan masalah sebagai berikut:
- Menyelidiki Situasi
Suatu penyelidikan yang diteliti
perlu dilakukan berdasarkan tiga aspek, yaitu aspek penentuan masalah,
pengenalan tujuan dan penentuan diagnosis.
- Mengembangkan Alternative
Sebelum mengambil keputusan,
pemecahan masalah memerlukan penemuan berbagai alternative yang kreatif dan
imajinatif.
- Mengevaluasi berbagai alternative dan menetapkan pilihan yang terbaik
Setelah mengembangkan seperangkat alternative,
manajer harus mengevaluasinya untuk melihat keefektifan setiap alternative
melalui dua kriteria, yaitu seberapa realistis alternative itu dipandang dari
sumber daya organisasi yang dimiliki dan seberapa baik alternative itu akan
membantu memecahkan masalah.
- Melaksanakan keputusan dan Menetapkan tindak lanjut
Dalam memecahkan masalah yang
menyangkut masalah teknis, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh :
- Menggunakan inferensi, yaitu menarik simpulan dari beberapa bukti untuk mencari arti atau penafsiran, yang merupakan suatu cara untuk menghasilkan data dan informasi baru dari data yang ada.
- Menentukan hambatan, yaitu menentukan hambatan yang sesungguhnya dari perwujudan sasaran.
- Membuat subsasaran, dengan mencoba membagi masalah menjadi beberapa bagian masalah yang lebih sederhana agar dapat dipecahkan secara sendiri-sendiri.
- Mencari kunci melalui proses yan logis, seperti menarik simpulan dari bukti, pengertian dan penghayatan.
- Mengatur data untuk mengatur data dan keterkaitannya.
- Memulai dari sasaran dan menggunakan konsep sebab akibat dari sasaran kepada data yang ada.
Dalam pemecahan masalah yang
menyangkut manusia, seringkali terdapat sisi yang terlupakan, yaitu “perasaan”.
Perasaan dapat menimbulkan hambatan mental yang menyebabkan proses pemecahan
masalah terganggu. Hambatan mental merupakan perasaan frustasi yang dapat
menghentikan kemampuan berfikir untuk memecahkan masalah, antara lain:
- Aku (ego), yaitu yang menyangkut harga diri seseorang.
- Kecemasan
- Semantik, yaitu mempunyai makna ganda.
- Ritual, yaitu peraturan, kebiasaan, atau prosedur yang harus dilalui.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar